Misterius…! Dentuman Aneh Guncang Batam, TNI AL TURUN TANGAN. Apa Yang Terjadi?

Posted on

Bunyi dentuman yang disertai guncangan selama sekitar dua detik yang terjadi beberapa kali di bagian timur Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), mulai membingungkan dan menakutkan warga. (Foto Cover: Agkatan Laut)

Sebab, sampai saat ini, dentuman tersebut belum diketahui sumber dan penyebabnya. Kejadian ini mulai dirasakan sekitar pukul 08.30 WIB pagi tadi dan kemudian kembali muncul sekitar pukul 12.20 WIB siangnya, Selasa (26/12/2017).

Meski tidak ada kerusakan dan korban jiwa yang ditimbulkan dari kejadian aneh ini, namun sampai saat ini fenomena itu masih menjadi misterius bagi seluruh warga Batam. Bahkan guncangan yang ditimbulkan cukup mencemaskan, karena mirip gempa bumi yang sampai menggoyangkan rumah.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam, Suratman melaui sambungan seluernya mengatakan, berdasarkan hasil analisa peralatan BMKG di Tanjungpinang, Kepri tidak tercatat adanya getaran atau seismik.

“Dari data analisa, tidak ada gempa tektonik di Batam khususnya, dan Kepri umumnya. Bahkan bidang Gempa Bumi dan Tsunami BMKG pusat juga mengatakan tidak ada seismik, jadi bukan gempa tektonik,” kata Suratman, Selasa (26/12/2017).

Suratman berharap agar warga Batam tidak cemas, karena tidak terjadi gempa seperti yang ditakutkan saat ini. “Mudah-mudahan ada penjelasan dan kita tunggu info yang valid dari dinas terkait,” tutup Suratman.

Komandan Lantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama R Eko Suyatno mengaku juga merasakan kejadian tersebut. Bahkan dirinya juga sudah memerintahkan anggotanya untuk menelusuri sumber bunyi tersebut.

“Saat ini lanal Batam tengah melakukan penelusuran asal muasal bunyi dentuman yang disertai guncangan. Bahkan pihak Polda Kepri juga menelusuri kejadian tersebut,” kata Eko mengakhiri.

Suara Dentuman Keras Pagi Tadi Bikin Warga Batam Galau. Bagian dari Gempa Tektonikkah?

Warga Batam hari ini, Selasa (26/12/2017), dikejutkan dengan suara aneh mirip dentuman, yang terdengar sekitar pukul 09.30 WIB. “Tadi saya dengar seperti suara dentuman. Kirain mau hujan. Tapi suaranya menyeramkan,” kata Hendri, seorang warga Bengkong Laut.

Hal senada juga disampaikan Saleh, warga Taman Raya Batam Center. Dia mengaku kaget mendengar suara aneh tersebut. Bahkan, anaknya sampai ketakutan dikirain ada gempa bumi.

“Tadi anak saya yang kecil sempat ketakutan dengar suara aneh itu. Saya tidak tahu itu suara apa. Tapi dengarnya seram juga,” katanya. Begitu juga yang dirasakan Refni warga Tiban Indah, Sekupang.

Dia mengaku suara dentuman itu tanda hujan akan turun karena semalaman sudah hujan deras. “Ya saya kiria hujan mau turun. Tapi dengar suara dentumnya aneh dan menakutkan, “katanya.

Soal dentuman aneh tersebut pun menjadi perbincangan hangat di banyak group whatsapp. Untuk mencari jawaban apa yang sebenarnya terjadi, Tribun Batam menghubungi Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam, Suratman.

Suratman mengaku berdasarkan hasil analisa peralatan BMKG di Tanjungpinang bahwa tidak tercatat adanya getaran atau seismik. “Jadi kesimpulan yang diperoleh berarti bukan gempa tektonik. Begitu info dari Bapak Kabid Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Pusat,” katanya, Selasa siang.

Menurutnya, informasi yang didapat itu langsung disampaikan Kabid Gempa Bumi BMKG Pusat Darono yang ditujukan ke BMKG Hang Nadim Batam. “Mohon dapat diinfokan kepada masyarakat,” ujarnya. Suara dentuman apakah yang terjadi pagi tadi di Batam? Sampai saat ini belum ada jawaban.

Sumber: tribunnews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *